Kota dengan nama lain Ujungpandang ini selain memiliki potensi pariwisata yang indah dan menarik, juga memiliki banyak kuliner lezat yang tidak boleh dilewatkan. Nah berikut ini adalah 6 kuliner wajib di Makassar.

  1. Es Pisang Hijau
Es Pisang Hijau - 6 Kuliner Makassar Ini Wajib Banget Kamu Cobain
Es Pisang Hijau – 6 Kuliner Makassar Ini Wajib Banget Kamu Cobain

Es Pisang Hijau, makanan khas Makassar ini sudah terkenal di mana – mana loh. namun begitu, saat ke Makassar Es Pisang Hijau juga menjadi santapan wajib untuk wisatawan. Es Pisang Hijau ini adalah kuliner dari kota aging mammiri. Komposisinya terbuat dari pisang raja atau pisang kapok, kemudian dipadukan dengan tapung beras, ditambah dengan bubur sirop dan es serut menjadi sentuhan terakhir yang membuat santapan khas Makassar ini begitu lezat.

Asal muasal nama Es Pisang Hijau ini bukan karena bahan utamanya adalah pisang hijau, namun karena memiliki pembungkis pisang yang terbuat dari tepung berwarna hijau dari daun pandan.

  1. Kapurung
Kapurung - 6 Kuliner Makassar Ini Wajib Banget Kamu Cobain
Kapurung – 6 Kuliner Makassar Ini Wajib Banget Kamu Cobain

Kapurung, kuliner khas Makassar ini menawarkan citarasa yang lezat. Makanan yang berasal dari kawasan Luwu ini terbuat dari olahan sagu yang dicampur dengan sayuran seperti daun labu merah muda, kangkung, bayam, dan kacang panjang, serta juga dilengkapi dengan irisan jagung muda yang kemudian disiram dengan kuah asam patikala. Rekomendasi tempat untuk menikmati Kapurung di Makassar ini, kalian bisa datang ke RM Aroma Luwu yang berada di Jalan Rajawali II No. 24.

  1. Coto Makassar
Coto Makassar - 6 Kuliner Makassar Ini Wajib Banget Kamu Cobain
Coto Makassar – 6 Kuliner Makassar Ini Wajib Banget Kamu Cobain

Coto Makassar adalah kuliner lainnya yang popular di luar Makassar, kuliner ini bahkan ada di beberapa kota di Indonesia. Nah, ketika liburan dan bersantap Coto Makassar tidak ada salahnya walaupun kalian sudah pernah mencobanya, karena rasanya memang sangat lezat. Untuk mencicipi hidangan khas ini, kalian bisa datang ke RM Coto Nusantara yang beralamat di Jalan Nusantara, Makassar.

  1. Mie Titi
Mie Titi - 6 Kuliner Makassar Ini Wajib Banget Kamu Cobain
Mie Titi – 6 Kuliner Makassar Ini Wajib Banget Kamu Cobain

Mie Titi merupakan kuliner khas Makassar selanjutnya yang wajib dicoba, sekilas mie ini mirip dengan ifu mie, disii mie disajikan dengan variasi dan tekstur yang berbeda dengan pilihan selera, kalian bisa memilih sajian dengan kuah dicampur atau dipisah. Mie Titi memiliki rasa yang segar dan nikmat. Tidak perlu khawatir dengan porsinya, Mie Titi menawarkan porsi besar yang siap mengenangkan perut lapar kalian.

Untuk mencicipi Mie khas Makassar ini kalian bisa berkunjung ke RM Mie Ceng, Panakukan, Makassar, dan RM Mie Titi di Jalan Pangayoman Panakukang, Makassar.

  1. Sop Konro / Konro Bakar
Sop Konro - Konro Bakar - 6 Kuliner Makassar Ini Wajib Banget Kamu Cobain
Sop Konro – Konro Bakar – 6 Kuliner Makassar Ini Wajib Banget Kamu Cobain

Sop Konro / Konro Bakar adalah olahan daging iga yang menawarkan rasa khas yang lezat, kuliner khas Makassar ini merupakan salah satu kuliner yang banyak diburu wisatawan yang datang ke Makassar. Rekomendasi untuk Sop Konro / Konro Bakar yang popular dan paling lezat ada di RM Konro Krebosi yang beralamat di Jalan Gunung Lopobattang No. 41, Makassar dan di RM Ulu Juku yang beralamat di Jalan Racing Center 99A Makassar.

  1. Pisang Epe
Pisang Epe - 6 Kuliner Makassar Ini Wajib Banget Kamu Cobain
Pisang Epe – 6 Kuliner Makassar Ini Wajib Banget Kamu Cobain

Pisang Epe, Kuliner khas Makassar lezat yang harus kalian cobain. Makanan ringan ini termasuk unik dengan rasanya yang menarik. Pisang epe dalam bahasa Indonesia memiliki arti Pisang Jepit. Olahan pisang bakar ini disiram dengan cairan gula aren, Pisang Epe bisa ditemukan mudah dikawasan Makassar seperti ada di sepanjang pesisir pantai Losari, Pisang Epe juga memiliki variasi rasa seperti original, coklat, keju dan masih banyak lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here