Aneka Wisata Kuliner Lombok
Aneka Wisata Kuliner Lombok

Aneka Wisata Kuliner Lombok – Jika Anda melakukan traveling atau berlibur kesuatu tempat tapi tidak mencoba kulinernya maka itu ibarat pepatah bumbu tanpa Garam. Tidak lengkap dan juga kurang sempurna. Jalan-jalan ke pulau Lombok, tidak akan lengkap jika Anda belum mencicipi berbagai Kuliner Lombok yang siap untuk menggoyang lidah anda. Pulau Lombok mempunyai banyak sekali macam kuliner khas yang harus dicoba terutama oleh para wisatawan yang mengunjunginya.

Makanan khas Lombok memang sudah terkenal dengan ciri khas rasa pedas, hal ini di karenakan kebanyakan masyarakat yang hidup di lombok menjadikan cabe Rawit , salah satu jenis tumbuhan yang sangat pedas, sebagai bahan dasar di setiap sajian kuliner yang mereka buat. Tapi anda tidak perlu khawatir, karena tidak semua kuliner yang berasal dari Lombok berasa pedas. Jika Anda sudah penasaran dengan kuliner – kuliner yang sangat sayang untuk Anda lewatkan ini, silahkan simak ulasan berikut.

Aneka Wisata Kuliner Lombok

  1. Kelaq Batih

Kuliner khas Lombok yang satu ini sayangnya sudah jarang ditemukan rumah makan di Pulau Lombok.  Bahan utama kelaq batih ini adalah biji buncis yang sudah berumur tua dicampurkan dengan daun singkong yang masih muda. Suatu ciri khas yang sangat kuat dari kelaq batih adalah terletak di bumbu rempah-rempah yang dipakai atau jika di dalam bahasa sasak sering dinamakan ragi beleq.

  1. Nasi Puyung
Nasi Puyung - Aneka Wisata Kuliner Lombok
Nasi Puyung – Aneka Wisata Kuliner Lombok

Nasi puyung adalah nasi campur dengan rasa pedas yang sangat pedas. Satu porsi kuliner ini terdiri dari nasi putih, sambal daging, kentang goreng kremes, dan tidak ketinggalan sambal. Keunikan rasa dari nasi puyung ini memang terletak di sambal pedas yang lengkap dengan bumbu khas dari suku sasak. Nasi puyung dapat anda temukan di desa puyung, di kabupaten Lombok Tengah. Jika Anda tidak sempat ke desa puyung, anda dapat menikmati kuliner ini di warung nasi puyung yang berlokasi di depan Bandara Internasional Lombok.

  1. Nasi Sukaraja

Nasi sukaraja merupakan nasi campur yang hanya dapat Anda temukan di desa Sukaraja, Ampenan, Mataram. Satu porsi dari nasi campur terdiri atas macam macam lauk yang dapat anda pilih sesuai keinginan Anda. Olah-olah adalah sayuran yang diolah menggunakan bumbu khusus dan diberi santan yang kental.

  1. Sate Tanjung
Sate Ikan Tanjung - Aneka Wisata Kuliner Lombok
Sate Ikan Tanjung – Aneka Wisata Kuliner Lombok

Sate tanjung adalah sate ikan dengan rasa yang dapat menggoyang lidah Anda. Bumbu yang dipakai merupakan bumbu khas dengan cita rasa pedas dan juga manis. Sate tanjung ini biasanya disajikan bersama dengan lontong, urap sayur atau juga  pelecing kangkung. Keunikan dari sate ini adalah dalam hal penyajianya yang diletakkan di atas opak dari singkong.

  1. Ares
Sayur Ares - Aneka Wisata Kuliner Lombok
Sayur Ares – Aneka Wisata Kuliner Lombok

Ares merupakan sayur khas lombok yang bahan dasarnya terbuat dari pisang muda. Pisang yang sering digunakan merupakan pohon pisang kapok. Dengan menggunakan bumbu khas lombok, ares sudah menjadi sayur yang wajib anda coba jika Anda mengunjungi Lombok. Dulunya ares hanya dapat dinikmati di acara-acara adat saja. Namun , sekarang anda sudah dapat menikmati ares di warung makan di Pulau Lombok.

Itulah beberapa kuliner Lombok yang wajib untuk Anda coba. Semoga ulasan berikut ini menjadi referensi kuliner Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here