Berlibur ke Curug Cikaso, Keindahan Alam di Sukabumi yang Menarik Hati
Berlibur ke Curug Cikaso, Keindahan Alam di Sukabumi yang Menarik Hati

Sukabumi memang menjadi salah satu kota dengan beragam destinasi alamnya yang indah, masih bernuansa pegunungan di Sukabumi kalian juga bisa kesplor keindahan alam menarik, salah satunya adalah Curug Cikaso yang menawarkan keindahan alam luar biasa. Curug Cikaso ini pun sangat popular dikalangan traveler yang menyukai alam. Pastinya akan sangat menyenangkan, bisa sampai disini dan melihat langsung keindahan alam dari Curug Cikaso.

Air Terjun Cikaso merupakan salah satu air terjun di Indonesia yang berlokasi di Selatan Kabupaten Sukabumi. Air terjun ini juga dikenal dengan nama Curug Luhur, tetapi Curug Cikaso lebih dikenal oleh masyarakat sekitar dikarenakan aliran airnya berasal dari anak sungai Cikaso.

Awalnya Curug Cikaso ini terbentuk dari tiga titik air terjun yang berdampingan dalam satu lokasi, dimana di bagian bawah air terjun ini ada kolam dengan warna hijau kebiru-biruan. Kedua titik air terjun dapat terlihat dengan jelas sedangkan yang satunya lagi agak tersembunyi dengan tebing yang mengarah ke timur.

Di Curug Cikaso ini masing – masing air terjun memiliki nama, yang miri bernama Curug Asepan, tengah bernama Curug Meong dan yang ada di sebelah kanan bernama Curug Aki. Ketiga curug ini  memiliki ketinggian sekitar 80 meter dengan lebih tebingnya sekitar 100 m. aliran air di kola mini berlanjut sampai ke Muara Tegal Buleud, Sukabumi. Kolam tersebut dapat digunakan untuk berenang, namun dengan adanya pengawasan penjaga, dikarenakan kedalaman kola mini mencapai 15 m.

Air Terjun Cikaso lokasinya berada di pesisir barat daya pulau Jaw, tepatnya berada di Kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kec. Cibitung, Kab. Sukabumi. untuk bisa mencapai Curug Cikaso ini kalian harus menempuh jarak sekitar 8 km dari Surade, 15 Killometer dari Jampang Kulon, 32 Kilometer dari Ujung Genteng, sekitar 110 Kilometer dari Kota Sukabumi, dan sekitar 70 kilometer dari Pelabuhanratu.

Umumnya rute untuk menuju Curug Cikaso ini diawali dari jalur Surade yang menempuh waktu 30 menit dengan menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat hingga sampai di pertigaan Jalan Cikaso. Curug Cikaso lokasinya juga tidak berada jauh dari Wisata Pantai Ujung Genteng di mana terdapat penangkaran penyu kawasan Jawa Barat.

Untuk bisa mencapat Curug Cikaso, ada tiga jalur yang bisa ditempuh, jalur pertama yaitu dari pertigaan/Pasar Cinagen, Jampang Kulon lalu masuk kea rash Cikaso, kurang lebih berjarak 5 kilometer perjalanan.

Untuk jalur kedua yaitu dengan memutar berkeliling dimulai dari pertigaan Cibarehong, Surade kea rah SMAN 1 Surade lalu masuk ke jalur kiri, sekitar 3 km di pertigaan Cibarehong.

Jalur menuju air terjun Cikaso memang cukup menyulitkan, sebab itulah sebelum menuju ke Curug Cikaso perlu dipastikan terlebih dahulu kelayakan kondisi kendaraan yang digunakan, tidak ingin kan jika di pertengahan jalan motor mogok, cek kondisi ban, karena jalanan menuju curug banyak berlubang, serta medan jalan yang berat, dimana banyak terdapat tikungan tajam, tanjakan dan turunan yang curam.

Selain memeriksa kelayakan kendaraan, kalian juga harus ekstra hati-hati ketika berada di jalur menuju Curug Cikaso karena pengendara juga harus hati-hati dan konsentrasi kondisi jalan yang cukup menyulitkan, terutama ketika bertemu kendaraan di tikungan dari arah yang berlawanan.

Harga tiket masuk ke Curug Cikaso Sukabumi tergolong sangat murah, Pemerintah Kabupaten Sukabumi mematok harga tiket masuk Rp 3.000 saja untuk menikmati keindahan di kawasan air terjun Cikaso. Setelah tiba di kawasan air terjun, kalian masih harus berjalan kaki lagi kurang lebih 300 meter dengan melewati perusahaan.

Jika tidak ingin jalan kaki, kalian bisa mencoba jasa transportasi air berupa sampan di anak sungai Cikaso, dengan membayar tariff sebesar Rp 10.000/per orang. Memang tidak mudah untuk mencapai Curug Cikaso, namun setelah sampai semua usaha dan kerja keras kalian diperjalanan akan terbayar penuh dengan keindahan yang dimiliki Curug Cikaso.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here