Berlibur ke Kota Padang Panjang Ini Dia Tempat Wisata Unggulannya

Padang Panjang adalah nama kota yang terdapat di Sumatera Barat, di wilayah ini dikelilingi wilayah Kab. Tanah Datar. Kota Serambi Mekkah, itulah sebutan untuk nama kota Padang Panjang ini, selain itu disebut juga dengan Mesir van Andalash. Di sini ada beberapa tempat wisata menarik, untuk Anda kunjungi, mari baca selengkapnya.

Daftar Tempat Wisata di Kota Padang Panjang

  1. Masjid Asasi Sigando

Apabila Anda hendak mengerti sejarah dari perkembangan Islam pada Kota Padang Panjang, maka Masjid Asasi Sigando merupakan tempat yang tepat untuk Anda kunjungi. Di Masjid ini, merupakan salah satu dari masjid tertua yang ada di Sumatera Barat, lokasinya ada di Kel. Sigando, Kec. Padang Panjang Timur, di kota Padang Panjang. Bangunan Masjid ini dibangun seorang ulama, di mana ulama tersebut adalah yang pertama kalinya menyebarkan ajaran agama Islam pada Kota Padang Panjang, sudah melebihi 200 tahun lalu. Menjadi benda cagar budaya, maka Masjid Asasi sampai sekarang ini masih terjaga dengan baik kondisinya, sebab Masjid ini memang adalah kebanggaan dari masyarakat Sigando, di mana sebagian besar adalah keturunan ulama tersebut.

  1. Minang Fantasi Water-Park

Biasa dikenal juga dengan nama Mifan, adalah objek wisata yang cocok untuk liburan bersama keluarga. Di sini ada bermacam-macam permainan serta aktivitas air, berlokasi pada kaki Bukit Barisan, mempunyai pemandangan alam pegunungan alami dan benar-benar indah, dan udara yang segar. Sebelum Mifan menjadi objek wisata yang dilengkapi permainan modern, dahulu Mifan adalah replika dari perkampungan Minangkabau pada abad 19. Sampai sekarang ini, memang replika dari bangunan Minangkabau itu masih tetap dipertahankan, dimanfaatkan untuk tempat menginap. Ada beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan di Minang Fantasi Water-park, yakni bermain wahana air dan wahana kering, berkemah, outbound, bersepeda, meeting, rekreasi perusahaan atau organisasi, kegiatan keluarga, serta menginap dalam rumah tradisional Minangkabau tersebut. Alamat dari Mifan yakni di Jl. Sultan Syahrir Silaing Bawah, kota Padang Panjang, Sumbar.

  1. Stasiun Kereta Api kota Padang Panjang

Dibangun sejak lama oleh pemerintah kolonial Belanda, tepatnya tahun 1889, dahulu dibangun dengan tujuan membawa batu bara yang berasal dari Sawah Lunto menuju kota Padang. Di Stasiun Padang Panjang ini, adalah stasiun kereta api yang paling besar yang dapat Anda temukan di Sumatera Barat, karena itu, stasiun ini wajib Anda kunjungi ketika berwisata ke Padang Panjang. Pada masa itu, di kota Padang Panjang adalah pusat perdagangan dari hasil bumi, khususnya hasil dari perkebunan kopi. Juga, lokasi kota Padang Panjang ini strategis, yang menjadi penghubung dengan kota-kota lainnya yang ada di Sumatera Barat. Apabila Anda hendak melihat lokomotif tua, atau Mak Itam, maka Anda dapat menyempatkan waktu untuk mengunjungi stasiun ini. Alamat stasiun kereta api ini ada di Jl. Sutan Syahrir, di Padang Panjang Barat. Sekarang, jalur kereta api wisata tengah sudah dikembangkan, dari Padang Panjang menuju Sawah Lunto, serta sebaliknya. Untuk waktu dekat juga akan dikembangkan jalur kereta api wisata yang dari kota Padang menuju Padang Panjang, di mana wisatawan dapat melihat pemandangan alam alami Lembah Anai yang terlihat sangat menakjubkan. Sekian artikel tentang berlibur ke kota Padang Panjang? ini dia tempat wisata unggulannya, selamat berlibur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here