Daftar 10 Tempat Wisata Indonesia yang Jangan Sampai Terlewatkan

Negara Indonesia merupakan negara kepulauan, dan negara tropis. Sehingga Anda bisa menemukan banyak tempat wisata alam yang menarik. Dan negara Indonesia juga kaya akan budaya, karena itu di sini cukup banyak wisata budaya juga. Antara satu tempat dengan tempat yang lainnya memiliki cerita dan budaya yang unik, dan itulah yang menjadi nilai tambahnya. Mari lihat apa saja tempat wisata yang bagus-bagus dan wajib Anda kunjungi, yang ada di tanah air Indonesia?

Tempat Wisata Wajib di Indonesia

  1. Trio Gili

Adalah 3 pulau cantik yang berlokasi di Lombok. Ke – 3 pulau itu yakni Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno. Ke – 3 pulau itu tidak hanya dikenal wisatawan lokal saja, namun juga banyak wisatawan mancanegara tertarik mengunjunginya. Dari semuanya, dapat dibilang Gili Trawangan yang terpopuler.

  1. Pulau Komodo

Pulau yang masuk kawasan Taman Nasional di kawasan kepulauan Nusa Tenggara ini juga tidak boleh Anda lewatkan. Di sini banyak hal yang dapat Anda pelajari, salah satunya adalah Anda diberi tongkat oleh ranger di sana, di mana tongkat tersebut jika digunakan untuk menekan leher komodo maka komodo tersebut seketika jadi jinak. Tentunya melihat komodo yang dilepas bukan dikandangi seperti di kebun binatang akan berbeda.

  1. Raja Ampat

Raja Ampat merupakan kumpulan pulau-pulau yang ada di ujung Papua. Di sini kekayaan alam bawah lautnya yang menjadi senjata andalan. Sebanyak 75% biota laut di dunia ini bisa Anda temukan di kawasan perairan Raja Ampat. Bukan Oktober, November merupakan waktu yang terbaik jika Anda hendak menyelam di perairan Raja Ampat, sebab cuaca serta kondisi perairannya benar-benar ideal.

  1. Bali

Siapa yang tidak mengenal Bali? Di sini merupakan pulau yang kaya akan budaya. Selain itu juga ada pantai-pantai, dan pemandangan yang sangat indah. Bahkan Anda juga dapat melihat berbagai pura sakral. Selain itu untuk penggemar wisata kuliner, pulau Bali juga merupakan tempat yang cocok untuk berburu kuliner.

  1. Danau Sentani

Yang kelima ini disebut-sebut merupakan danau paling besar yang dapat Anda temukan di kawasan Papua. Luasnya 9.360 hektar, berada pada ketinggian 75 M dari atas permukaan laut. Di sini Anda bisa memancing, berenang, hingga berkeliling danau memakai perahu sewaan.

  1. Taman Laut Bunaken

Bagi penggemar wisata alam, maka taman laut Bunaken juga merupakan tempat yang wajib dikunjungi di Indonesia. Terumbu karang dan spesies ikan yang beragam dapat Anda temukan di sini, sangatlah indah.

  1. Puncak Jayawijaya

Satu-satunya puncak gunung di tanah air yang mempunyai salju abadi. Untuk melihat salju tidak perlu sampai ke luar negeri, Anda bisa menemukannya di Puncak Jayawijaya ini. Nama lain dari puncak Jayawijaya adalah puncak Carstensz.

  1. Tana Toraja

Yang kedelapan ini adalah wisata budaya juga. Di sini Anda bisa melihat kekayaan budaya leluhur, yang bahkan hingga sekarang ini masih tetap dijaga dengan baik. Salah satu tradisi kuno yang dapat Anda temukan di Tana Toraja adalah Rambu Solo’. Orang-orang atau penduduk Tana Toraja memiliki kepercayaan jika selama masih belum dimakamkan, orang yang telah meninggal merupakan orang yang tengah atau sedang sakit. Jadi tubuhnya akan disuntik formalin supaya tidak membusuk untuk menunggu keluarga dapat menyelenggarakan Rambu Solo’. Jadi orang yang sudah meninggal masih dianggap Cuma tengah dalam kondisi sakit, di mana masih diberlakukan seperti orang masih hidup oleh keluarga, dan diajak mengobrol serta bercanda. Apabila sudah dilakukan ritual Rambu Solo’, setelahnya baru keluarga percaya jika orang tersebut telah meninggal.

  1. TMII

Taman Mini Indonesia Indah itu seperti sebuah museum budaya. Di sini memang dibangun untuk mengenalkan kebudayaan Indonesia. Sangat cocok untuk wisata bersama keluarga, khususnya anak-anak.

  1. Candi Borobudur

Kompleks candi Buddha paling besar yang ada di dunia. Pada tahun 1991 ditetapkan oleh UNESCO menjadi salah satu dari situs warisan dunia. Jika ke Jogja, jangan sampai lupa mengunjungi candi Borobudur untuk melihat-lihat pemandangan dan menaiki candi tersebut. Sekian artikel tentang daftar 10 tempat wisata Indonesia yang jangan sampai terlewatkan, selamat berlibur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here