Danau-danau Terindah untuk Wisata Alam Indonesia

Dikarenakan lokasi negara Indonesia yang berada pada garis khatulistiwa, maka negara Indonesia merupakan sebuah negara yang kaya akan kekayaan alam. Di mana negara ini tidak hanya mempunyai keindahan pantai tropis, namun juga danau dan gunung yang benar-benar memukau. Mungkin Anda sudah bosan pergi berlibur ke pantai, maka danau merupakan alternatif pilihan baru dan jitu untuk Anda. Di negara Indonesia sendiri danau dibedakan menjadi 2 jenis yakni:

  1. Danau buatan
  2. Danau alami

Keduanya berbeda, tetapi sama-sama menawarkan keindahan alam yang memukau. Baiklah, sekarang mari langsung lihat danau-danau yang menawan yang dapat Anda kunjungi saat liburan.

Daftar Danau Terindah yang ada di Indonesia

  1. Danau Paniai

Danau ini berlokasi di Papua. Berlokasi di Kab. Paniai, karena itu diberi nama danau Paniai. Danau yang satu ini sudah terkenal sejak lama, dikarenakan benar-benar alami, dan sangat terawat, bahkan hingga sekarang. Sudah sejak tahun 2007, danau ini diincar oleh wisatawan. Namun mungkin masih banyak juga yang belum mengetahuinya. Selain pemandangan yang indah, udara di sekitar danau Paniai benar-benar sejuk, Anda juga dapat melihat pemandangan tebing-tebing yang terlihat sangat indah dan kokoh. Bersatu sempurna dengan pemandangan danau yang biru. Di danau Paniai Anda dapat memancing di atas perahu, dan untuk penginapan, penduduk sekitar banyak yang menyewakan rumahnya bagi para wisatawan.

  1. Danau Labuan Cermin

Untuk danau kedua ini berlokasi di Kalimantan. Tepatnya di Ds. Labuan Kelambu, Kec Biduk-Biduk; Kalimantan Timur. Di danau ini Anda dapat melihat keindahan karang yang ada pada dasar danau, dan karena air danau sangat jernih, Anda bisa melihatnya langsung tanpa perlu kaca lagi. Air yang bening di danau ini yang menjadi nilai tambahnya, jadi seperti danau-danau yang ada di luar negeri, bahkan danau Labuan Cermin tidak kalah indahnya. Air di danau ini merupakan perpaduan dari air tawar dan air laut, karena itu disebut juga dengan danau dua rasa. Aktivitas yang dapat Anda lakukan di danau Labuan Cermin antara lain menyelam, snorkeling. Warna dari air danau ini juga serupa warna gradasi laut, yakni biru tua, hijau toska, biru muda, dan warna putih.

  1. Danau Poso

Danau yang berlokasi di Sulawesi. Berada di Kab. Poso; Sulawesi Tengah. Danau ini memiliki panjang 32 km, sementara untuk lebarnya adalah 16 km. Danau Poso merupakan danau terbesar nomor 3 yang ada di tanah air. Kedalaman danau ini hingga 195 meter. Yang unik dari danau Poso adalah pada tepian danau ada pasir putihnya, jadi nampak seperti pantai, padahal ini adalah sebuah danau. Aktivitas yang dapat Anda lakukan jika berlibur ke danau Poso antara lain melihat pemandangan danau dan mengunjungi wisata alam Bancea, yang lokasinya dekat dengan danau. Di mana wisata alam Bancea ini adalah tempat konservasi anggrek paling besar di negara Indonesia. Masyarakat setempat sering menggunakan danau Poso sebagai tempat menjala ikan, memancing, serta budidaya ikan.

Kesimpulan

Rata-rata danau yang ada di Indonesia cukup besar dan dalam. Dan masing-masing memiliki keunikan tersendiri. Jadi jika Anda waktu, kunjungilah semua danau-danau tersebut ketika liburan tiba. Jangan dulu berkunjung ke danau di luar negeri, jika yang ada di Indonesia saja belum Anda jelajahi semua. Sekian artikel tentang danau-danau terindah untuk wisata alam Indonesia, selamat berlibur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here