Destinasi Wisata Indonesia yang Ramah untuk Anak –¬†Menghabiskan waktu liburan bersama orang tersayang di beberapa wisata menarik pastinya sangatlah menyenangkan. Jika Anda sudah memiliki anak tentunya harus memiliki peran sebagai orangtua yang dalam hal ini bertanggungjawab dengan anaknya. Kegiatan liburan bisa terdengar sangat rumit. Untuk liburan di pantai, beberapa hal yang harus dilihat adalah menjaga anak untuk tetap senang dalam bermain air, menjaga barang, sampai dengan mengantisipasi sengatan matahari pada kulit. Tanpa persiapan, tentu liburan di pantai bersama anak dan keluarga adalah sebuah kekacauan. Beberapa tips destinasi wisata ini bisa dijadikan destinasi seru bersama anak:

  • Bukit Lawang
Bukit Lawang - Destinasi Wisata Indonesia yang Ramah untuk Anak
Bukit Lawang – Destinasi Wisata Indonesia yang Ramah untuk Anak

Bukan hanya menikmati pemandangan cantik dari pegunungan. Bukit Lawang juga membuat Anda bisa lebih dekat dengan alam. Berkenalan langsung dengan alam serta orang utan di pusat rehabilitasi orang utan. Tersedia juga wisma yang disewakan dengan biaya yang terjangkau. Bukit lawang sendiri menghadirkan pemandangan hutan serta sungai yang begitu cantik.

  • Setu Babakan
Setu Babakan - Destinasi Wisata Indonesia yang Ramah untuk Anak
Setu Babakan – Destinasi Wisata Indonesia yang Ramah untuk Anak

Kalau budget Anda tak terllau besar, pilihan Setu Babakan memanglah sangat tepat. Lokasinya ada di Jalan Srengseng Sawah Jagakarta, Jakarta Selatan. Fungsi danau ini sebenarnya bukan destinasi wisata tetapi untuk penampung air resapan. Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan bersama anak adalah bersepeda air dan memancing. Anak juga bisa belajar mengenai budaya betawi dan mencicipi kuliner asli Betawi.

Makanan yang dijajakan disana seperti Arum manis, Toge Goreng, Nasi Uduk, Nasi Ulam, dan lain sebagainya. Sedangkan minuman yang dijajakan adalah Bir Pletok, Es Potong, dan lainnya. Oleh-oleh yang juga bisa dibawa pulang adalah dodol betawi yang unik karena pembuatannya mencapai waktu 8 jam.

  • Kebun Raya Bogor
Kebun Raya Bogor - Destinasi Wisata Indonesia yang Ramah untuk Anak
Kebun Raya Bogor – Destinasi Wisata Indonesia yang Ramah untuk Anak

Menikmati udara segar sambil mengenal berbagai jenis tumbuhan mungkin bisa jadi kegiatan yang mengasikkan untuk dilakukan bersama anak. Kalau mau suasana yang sejuk pilih waktu sore hari sekitar jam 3 sore. Pepohonan besar di area Kebun Raya Bogor pastinya akan melindungi dari cuaca yang panas. Kebun Raya Bogor juga memiliki taman dibagian tengah yang cocok untuk tempat bermain bersama anak.

  • TMII
TMII - Destinasi Wisata Indonesia yang Ramah untuk Anak
TMII – Destinasi Wisata Indonesia yang Ramah untuk Anak

Di Taman Mini ada banyak pilihan destinasi, mulai dari museum, rumah adat, dan mencoba untuk naik kereta gantung. Museum yang ada pun berbagai jenis sehingga pengetahuan anak menjadi lebih luas. Hal yang memang ditonjolkan di Taman Mini Indonesia Indah adalah berbagai jenis rumah adat dari semua provinsi di Indonesia. Anak jadi tahu jika Indonesia memiliki banyak sekali budaya yang menjadi satu namun tetap indah.

  • Taman Safari
Taman Safari - Destinasi Wisata Indonesia yang Ramah untuk Anak
Taman Safari – Destinasi Wisata Indonesia yang Ramah untuk Anak

Bukan hanya budaya, hewan juga harus diperkenalkan sejak dini pada anak. Di taman Safari Bogor, ada banyak sekali hewan yang buas atau yang jinak. Kalau hewan seperti gajah kalian bisa memberi makanan langsung wortel dan lain sebagainya. Selain itu, setelah berkeliling dengan menggunakan mobil kalian juga bisa mnegajak anak untuk menonton berbagai atraksi hewan tersebut.

  • Kampung Dago Pojok
Kampung Dago Pojok - Destinasi Wisata Indonesia yang Ramah untuk Anak
Kampung Dago Pojok – Destinasi Wisata Indonesia yang Ramah untuk Anak

Desa wisata atau kampung wisata memang biasanya identik dengan beragam budaya serta kecantikan asli alamnya. Di Kampung Dago Pojok ada hal yang berbeda. Disana anak pasti akan tertarik dengan beragam mural di tembok-tembok rumah yang seolah akan bercerita pada Anda. Teknologi yang diterapkan pada mural tersebut adalah teknologi canggih yang masih sangat baru, yaitu Augmented Reality.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here