Berlibur tentunya membutuhkan makanan untuk menambah tenaga, selain makanan yang enak biasanya wisatawan memilih makanan khas daerah yang mereka kunjungi. Di Solo, banyak sekali pilihan jajanan ataupun makanan berat yang bisa Anda coba. Jika ragu, saya akan merekomendasikan beberapoa makanan Solo yang menggugah selera dan menambah warna dalam liburan Anda:

  • Sambel Tumpang
Sambel Tumpang - Icip-Icip Kuliner Khas Solo
Sambel Tumpang – Icip-Icip Kuliner Khas Solo

Makanan ini biasa disantap dengan nasi panas, bentuknya tidak jauh berbeda dengan nasi pecel. Sesuai namanya, nasi tumpang memberikan lauk yang seakan ditumpang diatas nasi. Lauk tersebut terdiri dari aneka sayuran rebus seperti bayam, taode, dan kacang panjang dan disiram kuah kental yang terbuat dari santan dan tempe yang sudah dihaluskan. Ternyata ini yang membedakan sambel tumpang dengan pecel, bumbu yang dituangkan diatasnya bukan bumbu kacang tetapi bumbu santan. Makanan tradisional ini bisa dengan mudah ditemukan dipasar Solo.

  • Serabi Solo
Serabi Solo - Icip-Icip Kuliner Khas Solo
Serabi Solo – Icip-Icip Kuliner Khas Solo

Nah, setelah makan sambel tumpang Anda bisa ngemil serabi Solo. Termyata serabi ini sudah cukup terkenal sebagai cemilan khas Solo. Jajanan ini tidak dimakan dengan kuah santan yang manis, rasanya sendiri memang sudah manis dan guring. Terbuat dari tepung beras, gula pasir, dan santan, Kita bisa memilih berbagai toping yang disediakan seperti cokelat, nangka, dan irisan pisang. Rasanya sudah dijamin enak, bentuknya hampir sama dengan serabi yang sering kita temui namun bedanya terdapat kerak yang kriuk dan gurih

  • Cabuk Rambak
Cabuk Rambak - Icip-Icip Kuliner Khas Solo
Cabuk Rambak – Icip-Icip Kuliner Khas Solo

Weits, Anda tidak perlu takut dicambuk jika memakan kuliner khas Solo ini. Cabuk rambak bisa ditemukan dengan mudah, karena biasanya berkeliling kampung dihari biasa. Bila sambel tumpang disantap menggunakan nasi, cabuk rambak biasanya dimakan dengan gendar janur. Pasti kalian baru mendengar gendar janur, sebenarnya gendar janur ni tidak berbeda jauh dengan ketupat namun rasanya saja yang agak lebih kenyal. Gendar janur kemudian disiram dengan bumbu cabuk rambak, yaitu bumbu yang terdiri dari wijen tang digoreng bersama santan kelapa, cabai, baweang putih, kemiri, dan gula merah. Kemudian kita bisa memakannya dengan gerupuk beras. Hmmm,, walaupun terdengar sederhana tetapi makanan ini sangat enak dan murah.

  • Sate Buntel Solo
Sate Buntel Solo - Icip-Icip Kuliner Khas Solo
Sate Buntel Solo – Icip-Icip Kuliner Khas Solo

Bentuknya memang mirip seperti sate Bali, namun lebih kecil. Jelas dibuntel-buntel atau digulung menjadi gumbalan yang cukup besar. Sate ini adalah sate kambing, lalu mengapa bentuknya bisa seperti itu? Karena daging kambing mulanya dicincang, diberi bumbu bawang dan merica baru kemudian di buntel dengan lemak kambing. Makanan khas Solo ini bisa disantap dengan kecap, irisan cabe rawit, bawang merah, irisan kol dan tomat.

  • Tengkleng
Tengkleng - Icip-Icip Kuliner Khas Solo
Tengkleng – Icip-Icip Kuliner Khas Solo

Makanan khas Solo ini memiliki bahan utama kambing sehingga lebih dikenal dengan tengkleng kambing. Sekilas memang mirip dengan gulai kambing namun soal rasa cukup berbeda. Kalau gulai memiliki kuah yang kental karena santannya yang cukup banyak. Tengkleng kambing ini memiliki kuah yang encer. Daging dan tulang kambing sekaligus digunakan untuk bahan utama tengkelng. Datang ke warung Tengkleng bu Edi yang ada di Pasar Klewer Solo untuk rasakan sensasinya.

  • Selat Segar Solo
Selat Segar Solo - Icip-Icip Kuliner Khas Solo
Selat Segar Solo – Icip-Icip Kuliner Khas Solo

Makanan ini sejenis setak yang sudah dimodifikasi sehingga memiliki rasa yang pas dengan lidah orang jawa. Isinya daging sapi yang diiris tipis kemudian dimasak semur. Isian lainnya adalah buncis rebus, kentang goreng, potongan tomat segar, daun slada, dan acar timun Tambahkan juga putih telur yang sudah direbus bagian kuningnya dimasak secara terpisah dan dicampur dengan mustard.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here