Siapa sih yang tak suka berburu kuliner saat berlibur? Hampir semua wisatawan setuju bahwa makanan merupakan salah satu hal paling menyenangkan yang tak boleh dilewatkan begitu saja pada saat berlibur. Berniat menghabiskan waktu libur anda di Malaysia? Berikut daftar hidangan terbaik yang dijajakan di pinggir jalan yang wajib anda cicipi.

Bukan rahasia lagi jika Penang merupakan salah satu dari banyak tujuan utama wisata kuliner Malaysia. Hidangan, makanan atau jajanan yang ditawarkan di setiap sudut kawasan Penang merupakan perkawinan antara masakan khas Cina dan Melayu.

  • Penang Assam Laksa
Penang Assam Laksa - Jajanan Pinggir Jalan Khas Malaysia Paling Digemari
Penang Assam Laksa – Jajanan Pinggir Jalan Khas Malaysia Paling Digemari

Makanan yang memiliki kaitan sangat erat dengan kota Penang satu ini kerap kali disebut Penang Laksa. Berisi ikan tenggiri, asam dan cabai, makanan tersebut mampu meningkatkan selera makan anda.

Rasa asam pedas yang sangat tajam mampu membuat si penyantap tersihir. Dalam penyajiannya, penang assam laksa disajikan dengan mi putih, daun mint segar, bawang merah, daun ketumbar, ketimun, dan nanas manis. Anda bisa mencobanya di daerah Lebuh Cecil, Penang, Malaysia.

  • Hokkien mee
Hokkien mee - Jajanan Pinggir Jalan Khas Malaysia Paling Digemari
Hokkien mee – Jajanan Pinggir Jalan Khas Malaysia Paling Digemari

Makanan selanjutnya cukup mudah anda temukan saat tengah berkeliling kawasan Penang. Menariknya, makanan ini berasal dari Provinsi Fujian, China. Meskipun demikian makanan yang diberi nama Hokkien mee tersebut sangat berbeda dari Hokkien mee yang asli.

Kenikmatannya karena diolah dari lemak udang dan tulang babi untuk kaldunya dan disajikan dengan kombinasi mi telur, bihun, telur rebus, udang, bakso ikan, bawang goreng renyah, dan sambal pedas. Icip kuliner ini di kawasan Beach Street, terletak antara Jalan Prangin Ghaut dan Jalan Majalah, Penang.

  • Wonten mee
Wonten mee - Jajanan Pinggir Jalan Khas Malaysia Paling Digemari
Wonten mee – Jajanan Pinggir Jalan Khas Malaysia Paling Digemari

Makanan dengan nama unik satu ini sangat ideal disantap saat sarapan atau makan siang. Sebab, bahan utama yang digunakan, yakni mi telur diyakini mampu membuat si penyantap merasa kenyang lebih lama. Sehingga, saat anda santap pada saat sarapan, secara instan, anda memiliki energi penuh untuk melanjutkan perjalanan ke berbagai sudut kawasan Penang.

Olahan mi telur kenyal disajikan al dente dengan saus kental yang terbuat dari kecap dan minyak lemak babi dengan sesendok sambal, diatasnya diberikan potongan kangkung China, daun bawang iris, cabe hijau, dan acar wontons. Wontons nikmat baik direbus ataupun dikukus, ada juga dalam olahan didigoreng.

  • Nasi Kandar
Nasi Kandar - Jajanan Pinggir Jalan Khas Malaysia Paling Digemari
Nasi Kandar – Jajanan Pinggir Jalan Khas Malaysia Paling Digemari

Selanjutnya, makanan dengan nama Nasi Kandar ini berasal dari komunitas muslim India yang ikut memadati kawasan Penang, Malaysia. Dahulu, makanan ini dijajakan oleh penjual pria muslim India dengan membawa pikulan berisi nasi dan kari. Namun kini, makanan ini dapat ditemukan di restorang kecil pinggir jalan. Sekilas Nasi kandar terlihat seperti sajian kari daging asal India. Perbedaannya terletak pada saus spesial yang disajikan di atas nasi putih hangat. Sama halnya seperti kari daging yang dibumbui berbagai rempah-rempah di atas nasi putih. Untuk mencicipinya, anda bisa menuju Jalan Line Clear, Penang.

  • Rojak
Rojak - Jajanan Pinggir Jalan Khas Malaysia Paling Digemari
Rojak – Jajanan Pinggir Jalan Khas Malaysia Paling Digemari

Di Indonesia, jajanan pinggir jalan yang ikut meramaikan daftar jajanan lezat khas Malaysia dikenal dengan nama rujak. Tak jauh berbeda dengan rujak yang ada di Indonesia, penjaja Rojak di kawasan Penang senantiasa membawa gerobak berisi buah-buahan segar lengkap.

Jika di Indonesia rujak akan disajikan dengan sambal kacang dan garam, maka Rojak khas Malaysia akan disajikan dengan saus kental campuran susu kental manis, terasi hitam dan kacang cincang yang sebelumnya sudah disangrai.

Makanan yang terlihat seperti salad buah tersebut berisi nanas manis, mangga, pepaya hijau, apel, ketimun, dan jambu biji. Kombinasi buah manis dan saus lezat membuat rasanya sangat mengejutkan. Cobalah santapan ini di Gurney Hawker Center, Penang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here