Jurus Jitu Belanja Murah di China
Jurus Jitu Belanja Murah di China

Barang bagus harga murah sudah tentu menjadi incaran utama para wisatawan. Begitu pula China yang tak mau absen menawarkan barang berkualitas bagus dengan harga super miring. Anda yang mungkin tergiur untuk menghabiskan bujet dengan berbelanja oleh-oleh khas China, wajib mengunjungi satu dari beberapa lokasi yang memang terkenal sebagai destinasi belanja murah di China.

Mulai dari Yaxiu Market, Taobao City Shanghai, Cheng Hua Miao Market, WangfuJing hingga Nanjing Road menjadi deretan lokasi belanja yang kiranya wajib anda kunjungi saat tengah berlibur di negeri tirai bambu, China.

Misalnya saja Nanjing Road yang letaknya tak jauh dari Stasiun Lujiazhui, Shanghai, China, menjadi destinasi utama para wisatawan mancanegara. Sebab, sepanjang kiri dan kanan jalan Nanjing Road dipadati dengan ratusan toko, supermarket dan mal-mal besar yang tidak pernah pelit memberikan diskon besar-besaran.

Agar anda tak salah langkah dalam menghabiskan bujet anda, berikut jurus jitu mendapatkan barang berkualitas dengan harga murah.

China memang memiliki pesona tersendiri bagi wisatawan yang kebetulan gila belanja. Baik barang asli maupun palsu, tak ada salahnya jika anda menengok tips di bawah ini sebelum berbelanja.

  • Pastikan akan membeli barang yang ditawar

Sebelum memutuskan untuk merogoh kocek anda, anda wajib memastikan apakah barang yang diincar benar-benar anda sukai, atau paling tidak anda memang berniat untuk membelinya. Saat sudah terjadi percakapan tawar menawar dengan para pedagang, mereka tentu tidak akan melepaskan anda begitu saja, terlebih lagi jika anda sudah menyentuh dagangan mereka tanpa atau dengan disengaja. Jika memutuskan untuk membeli pakaian (kaus) sebagai oleh-oleh, baiknya dicoba terlebih dahulu dan pastikan muat. Setelah sudah pasti, barulah memulai tawar-menawar.

  • Tawar sampai seperempat harga

Para pedagang akan mulai membuka harga, tentu saja harga wisatawan yang relatif tinggi. Sejumlah wisatawan mancanegara yang sudah beberapa kali kedapatan berbelanja di sana, menyarankan untuk menawar sampai 1/4 dari harga semula.

Melakukan komunikasi dengan bahasa asing tentu menjadi bumerang sendiri. Oleh sebab itu, tidak sedikit wisatawan yang memutuskan untuk membawa serta kalkulator kemana pun kaki melangkah.  Saat hendak melakukan proses tawar-menawar, wisatawan akan mengetik angka yang diinginkan di kalkulator.

Sejumlah pedagang ada yang bisa berbahasa Inggris dan ketika kita menawar, mereka akan berkata keras, “You kidding me? You want to kill me?” dan mengomel. Tetap santai, jangan terpengaruh.

  • Tahan di harga yang diinginkan

Si pedagang pastinya berupaya memaksa kita menaikkan penawaran. Namun kita pun harus tetap mempertahankan harga yang diinginkan. Lama-kelamaan pedagang biasanya akan berkata “What’s your best price?” sambil menyodorkan kalkulator atau mengetikkan angka terbaik pada kalkulator anda.

  • Jika tak berhasil, tinggalkan pedagang

Jika sudah terlalu lama, tinggalkan si pedagang. Dia akan menahan anda pergi. Bahkan rekan sesama wisatawan yang gemar sekali berbelanja di China ada yang mengalami hingga ditarik-tarik. Dia akan meyakinkan anda bahwa barang tersebut bagus. Meski demikian, tetaplah pendirian (harga) anda.

Si pedagang masih keras kepala? Anda masih harus bersabar. sedikit akting diperlukan di sini. Jauhi saja si pedagang, maka dia akan memanggil dan menyebutkan harga yang semakin diturunkan. Abaikan saja dan tetap pada pendirian hingga si pedagang berkata “Oke!”

  • Jangan mudah terpengaruh

Meskipun sudah berkata “Oke!” anda harus tetap waspada. Tidak sedikit pedagang yang tricky. Saat anda mendatangi kembali, si pedagang tak segan berubah pikiran dan menaikkan harga. Kalau sudah tidak sabar, anda dapat mengatakan dengan tegas bahwa anda ingin membeli barang tersebut dengan harga yang anda inginkan. Memang dibutuhkan kesabaran ekstra untuk menang, namun bagi anda yang gemar berbelanja, hal tersebut tentu akan menjadi pengalaman seru yang tak terlupakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here