Kawah Keramik Suoh, Keindahan Kawah Dengan Pemandangan Menakjubkan
Kawah Keramik Suoh, Keindahan Kawah Dengan Pemandangan Menakjubkan

Kawah Keramik Suoh salah satu kawah eksotis nan menantang yang berada di Indonesia. Lokasinya di kelilingi oleh Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) Suoh, Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung. Melintasi kawah Keramik Suoh akan memberikan pengalaman berbeda dengan liburan ke tempat lainnya, saat semakin dekat, tercium aroma uap seperti dalam ruangan spa yang semakin luap. Sesekali akan terlihat lumpur yang akan menyelimuti kaki, terasa hangat walaupun turun hujan rintik-rintik.

Saat mengunjungi Kawah Keramik Suoh ini kalian harus siap kotor – kotoran. Tepat didepan mata, hamparan seperti semen berlapis-lapis membuat mata terbelalak. Tidak hanya semen berlapis saja, tetapi diujung arah barat kalian akan melihat gumpasan asap membubung tinggi yang berasal darii kawah yang mendidih.

Kawah lumpur yang mendidih tersebut memiliki potensi panas bumi terbesar di Sumatera. Penduduk sekitar menyebutnya dengan nama Kawah Keramikan. Cerita rakyat di Kawah Keamikan ini pun banyak terbentuk dari lumpur yang dikeluarkan hingga mengerak seperti semen berlapis tipis sampai tebal.

Saat menuju Kawah Keamik Suoh kalian akan di damping oleh pemandu Wisata yang akan mengantar dan menjelaskan cerita atau hal yang kalian ingin tahu. Namun, menurut cerita kawah keramik Suoh ini terus melus. Data terakhir lempengan semen atau keramikan itu mencapai 900 meter persegi.

Menurut cerita, dahulunya kawah keramikan ini terbentuk dari meletusnya Gunung Ratu pda tahun 1933 silam. Letusan gunung itulah yang membuat empat kawahan diantaranya kawah Keramikan. Dari limpur mendidih yang keluar dari kawah dan membentuk lempengan vulkanik yang berlapis dan melebar.

Lokasi ini akhirnya dijadikan objek wisata masyarakat sekitar saat hari libur karena menawarkan keindahan alam. Ditempat ini sore hari adalah waktu yang tepat melihat keindagannya, sekitar pukul 16 WIB pengunjung dapat melihat proses matahari ternggelam dari balik gunung.

Jika kalian akan berkunjung ke Kawah Keramikan ini, jangan sampai ada tersirat niat jahat, mengotori alam atau bahkan sampai mengeluarkan kata-kata uang tidak pantas. Karena menurut cerita warga setempat, jika hal itu dilanggar setiap kejadian aneh akan ditemukan.

Untuk menjangkau lokasi Kawah Keramik yang eksotis ini, bagi wisatawan dari Bandar Lampung kalian pergi kerah perkambungan warga yang membutuhkan waktu sekitar 4 jam. sesampainya di desa penyangga kalian akan memerlukan jasa ojek karena medan yang terjal tidak memungkinkan mobil dapat memasuki lokasi.

Jasa ojek trail di kawasan setempat tidak mengeluarkan tariff resmi. Biasanya kemungkinan kalian akan merogoh kocek sukarela sekitar Rp 50.000 – Rp 100.000. saat sampai di kawasan ini tentu saja tidak cukup waktu sehari saja untuk berwisata. Artinya kalian harus mengeluarkan biaya penginapan dan makan di rumah penduduk.

Jika kalian merasa bingung tinggal sementara dimana, kalian bisa menanyakan ke penduduk dan bertanya rumah perantinya atau kepala desa setempat. Berwisata di Kawah Keramikan memang sangat menantang dengan lokasinya yang jauh dan melewati medan terjal, hanya peminat khusus saja yang berani mencoba tantangan tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here