Mungkin kalian jarang mendengar kuliner dari negara Brazil. Negeri Samba ini juga punya lho kuliner unik yang pastinya menarik juga untuk dicoba. Beberapa kemiripan kuliner yang dimiliki Brazil adalah kuliner dengan bahan dasar singkong, kacang-kacangan, dan juga santan. Beberapa makanan Brazil memang banyak yang dicari dari wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Brazil. Makanan Brazil berikut ini memiliki rasa yang enak serta cukup ternama.

  • Quindim
Quindim - Kuliner Khas Brazil Paling Populer
Quindim – Kuliner Khas Brazil Paling Populer

Salah satu cemilan yang populer disana adalah Quindim. Makanan yang sangat disukai dari anak-anak sampai dengan orang dewasa. Biasanya quindim disajikan sebagai makanan penutup atau bisa juga untuk menemani hari santai Anda. Sangat mirip dengan sajian agar-agar di Indonesia. Makanan khas Brazil ini dibuat dari agar-agar yang dicampur dengan kuning telur, kelapa parut, dan juga gula. Teksturnya agak sedikit padat karena menggunakan kelapa parut namun dibagian atasnya terasa sangat lembut.

  • Cachaca
Cachaca - Kuliner Khas Brazil Paling Populer
Cachaca – Kuliner Khas Brazil Paling Populer

Minuman dari Brazil ini sangat dicintai para wisatawan dengan nama Cachaca. Minuman ini awalnya adalah minuman para budak untuk menambah energi saat bekerja. Namun sekarang disajikan dalam bentuk koktail untuk seuruh lapisan masyarakat Brazil. Salah satu jenis koktail yang terkenal di Brasil berbahan dasar campuran buah jeruk nipis dan di tumbuk dengan caipiriha. Minuman ini terbuat dari fermentasi jus tebu. Dikenal juga dengan Brazilian rum. Keunikan lainnya adalah minuman ini sudah ada sejak tahun 1500a.

  • Brigadeiros
Brigadeiros - Kuliner Khas Brazil Paling Populer
Brigadeiros – Kuliner Khas Brazil Paling Populer

Rasanya manis dan tentunya lezat dengan balutan meses. Pecinta coklat, pasti suka dengan brigadeiros yang biasanya dihidangkan untuk pesta. Hidangan ini sering disantap oleh anak-anak. Coklat truffle ini terbuat dari susu kental manis dank rim yang kemudian digulung menjadi bola dan ditaburi dengan coklat. Walaupun orang dewasa, kalian pasti bisa menikmati makanan khas Brazil ini.

  • Picanha
Picanha - Kuliner Khas Brazil Paling Populer
Picanha – Kuliner Khas Brazil Paling Populer

Makanan lain yang juga sangat terkenal adalah daging bakar yang terkenal di brazil dengan nama picanha. Sejenis bistik yang sangat enak dan terbuat dari daging sapi. Daging yang telah dibumbui kemudian dibakar dengan lemak sehingga berwarna merah muda diatas arang. Setelah matang kemudian diiris tipis dan disajikan. Bukan hanya picanha, churrascaria atau daging sapi atau juag babi yang ditusuk ke kayu kemudian dibakar dengan arang sambil diputar.

  • Coxinha
Coxinha - Kuliner Khas Brazil Paling Populer
Coxinha – Kuliner Khas Brazil Paling Populer

Sekilas bentuknya mirip dengan risoles namun masyarakat Brasil biasa menyebutnya dengan paha ayam karena bentuknya yang mirip dengan paha ayam. Terbuat dari adonan coxinha yang diisi suwiran ayam kemudian diberi lapisan tepung roti. Kemudian coxinha digoreng dengan minyak yang panas. Bukan hanya ayam, ada juga coxinha yang isinya keju. Cara menikmatinya sangat mudah denagn hanya mencocolnya ke saus tomat atau sambal.

  • Moqueca
Moqueca - Kuliner Khas Brazil Paling Populer
Moqueca – Kuliner Khas Brazil Paling Populer

Makanan ini memiliki bahan dasar yang mirip dengan masakan Indonesia. Menggunakan santan dan juga ikan sehingga moqueca disebut dengan sup ikan. Makanan berkuah kental ini terbuat dari minyak sawit dan juga santan kelapa yang kaya akan rempah bisa juga memakai ketumbar dan bawang. Cara memasaknya degan hanya direbus dengan tomat kemudian di potong dadu lalu ditambah dengan perasan lemon atau juga irisan paprika untuk memberikan rasa yang segar. Wadah penyajiannya cukup unik karena terbuat dari tanah liat.

  • Pao de queijo
Pao de queijo - Kuliner Khas Brazil Paling Populer
Pao de queijo – Kuliner Khas Brazil Paling Populer

Roti bulat khas Brasil ini biasanya digunakan untuk cemilan atau penambah hidangan untuk sarapan. Teksturnya renyah diluar serta lembut dan kenyal didalam. Pao de queijo terbuat dari tepung tapioca, telur dan juga parutan keju dan digulung menjadi bola kecil. Menikmati makanan brazil ini enaknya ditemani dengan secangkir kopi atau teh sesuai dengan selera.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here