Rujak Kaldu Ikan di Rujak Gelogor Denpasar Bali, Selera Baru Santapan Nusantara
Rujak Kaldu Ikan di Rujak Gelogor Denpasar Bali, Selera Baru Santapan Nusantara

Rujak yang pada umumnya ada dua pilihan yakni dari buah – buahan atau sayuran segar yang dicampurkan bersama bumbu sambal kacang dengan rasa manis pedas yang akan menambah selera makan anda. Namun di beberapa daerah, apakah rujak sama halnya terhadap rujak tersebut? Beberapa citarasa mungkin bertransformasi.

Tak hanya menggunakan buah buahan yang melainkan dari kaldu daging dengan campuran bahan bahan lainnya, seperti di Jawa Timur yang terkenal dengan rujak cingurnya ataupun seperti di pulau dewata Bali khususnya daerah Denpasar punya rujak yang terkenal dengan paduan kuah pindang.

Denpasar mewakili kota indah di Indonesia yang juga punya beranekaragam jenis kulinernya, salah satu rujak khas bali. Rujak Gelogor boleh anda temukan sebagai sajian utama di menu santap siang anda. rujak khas dari kawasan ini memang terletak di Jalan Bukit Tunggal, Denpasar.

Kedai yang menjual rujak khas bali, bulang atau rumput laut dan tupat bumbu kacang ini memang terasa lezat, kemudian ada pilihan bumbunya yakni ada kuah pindah, kuah pindang gula, kuah cuka manis hingga bumbu kacang.

Bu Ani, sapaan akrab pemiliki dari kedai rujak gelogor ini memang mengatakan bahwa pilihannya yang paling special memang rujak yang dipadukan dengan kuah kaldu ikan ini. jujur saja baru rujak gelogor sebagai menu tersebut terdengar membingungkan dimana memang terdiri dari gabungan bahan dan kuah bumbu. Apabila bahan ini dikolaborasikan dengan bumbu atau kuah tersebut lalu jadilah sajian ini, atau ada kemungkinan lain dan lainnya lagi. Penasaran? Ani yang dengan cerdasnya memberikan metode pemesanan yang unik ini.

Kedai ini pun tidak memiliki menu, hanya ada selembar kertas kosong. Tuliskan sendiri bahan rujak, bumbu dan tingkat kepedasan yang anda inginkan. Jangan lupakan dari kadar jumlah dan permintaan makan di tempat atau di bungkus.

Rujak kuah ikan pindang, ada rasa original alias tanpa gula dan kuah pindang gula yang ada rasa manis manisnya. Rujak lumput laut juga rujak buah dan jujur saja akan melengkapi kebutuhan selera makan anda, jangan lupa menulis jumlah cabai pada kertas pesanan.

Rujak rumput laut kuah pindang ini merupakan paduan makanan yang sungguh unik nan melezatkan, ada tekstur garing krenyes dari rumput laut yang berbentuk akar, kacang goreng dan serutan kelapa di santap dengan kuah ikan pindang gurih dnegan tambahan terasi dan rempah lainnya.

Citarasa pedas, gurih dan manis ini bercampur menjadi satu ketika menyantap rujak khas bali ini. uniknya lagi semkua pelanggan dari Rujak Gelogor ini kebanyakan memang berasal dar segala usia dan rata rata perempuan yang memiliki hubungan erat.

Bu Ami yang bercerita bahwa dulu usahanya ini tidak sebesar sekarang, berawal dari waung kecil dan meja saja yang memulai masak jam setengah tiga pagi. Dirinya bersama adik laki lakinya membuah kuah dan memarut buah, hingga sekarang Ani pun menyerahkan urusan mengulek bumbu terasi dan cabai.

Harga menu rujak, tupat dan bulang atau rumput laut dengan varian beragam kuah rasa memang dibanderol cukup murah yakni rata rata hanya Rp. 10 ribu, kecuali ketupat dnegan topping telur dibanderol seharga Rp. 13 ribu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here