Tempat Wisata Di Banjarmasin Yang Menarik
Tempat Wisata Di Banjarmasin Yang Menarik

Tempat Wisata Di Banjarmasin Yang Menarik – Apa yang ada di pikiran Anda jika mendengar kota Banjarmasin? Ya, pasar terapung adalah sesuatu yang sangat menonjol di Banjar masin. Sudah lama kota ini dikenal dengan pasar tradisionalnya yang sangat unik yaitu  berada di atas air. Tentu hal ini sangat wajar, kota yang mempunyai julukan ‘Kota Seribu Sungai’ ini dilalui oleh banyak sungai yang besar dan juga kecil seperti contohnya Sungai Barito dan Sungai Martapura. Oleh karenaitu,  hal ini menjadikan sungai salah satu bagian yang terpenting untuk kehidupan warga di Banjarmasin.

Apakah Banjarmasin hanya terkenal karena sungai dan juga pasar terapungnya? Tentu saja tidak. Kota Banjarmasin diam – diam mempunyai banyak destinasi wisata yang sangat menarik untuk Anda dikunjungi. Kekayaan alam dan juga bentangan alam yang dimiliki kota ini menjadikanya destinasi wisata yang lain dari pada yang lain. Terdapat berbagai macam jenis destinasi wisata yang pastinya akan sangat sayang untuk Anda lewatkan. Jika Anda sudah penasaran, simak ulasan berikut ini.

Tempat Wisata Di Banjarmasin Yang Menarik

  1. Pasar Terapung
Pasar Terapung - Tempat Wisata Di Banjarmasin Yang Menarik
Pasar Terapung – Tempat Wisata Di Banjarmasin Yang Menarik

Pasar yang satu ini memang sudah menjadi ciri khas dari kota Banjarmasin. Pasar terapung ini adalah tempat dimana proses jual-beli yang terjadi di atas perahu yang mengapung. Sekarang  ini, pasar terapung sudah menjadi salah satu destinasi wisata di Banjarmasin yang memang paling banyak dikunjungi oleh para pelancong. Salah satu pasar terapung yang dapat dibilang cukup populer adalah di muara Sungai Barito, lokasinya ada di Kelurahan Kuin Utara. Pasar ini sudah ada sejak 400 tahun yang lalu. Yang dijual pun sangat bermacam – macam mulai dari hasil perkebunan, makanan hingga sandang.

  1. Taman Siring Sungai Martapura
Taman Siring Sungai Martapura - Tempat Wisata Di Banjarmasin Yang Menarik
Taman Siring Sungai Martapura – Tempat Wisata Di Banjarmasin Yang Menarik

Ada lagi destinasi wisata di Banjarmasin yang menggunakan sungai adalah Taman Siring Sungai Martapura yang letaknya ada di Jalan Jenderal Sudirman dan juga Jalan Kapten Tendean. Taman ini ada di tepian Sungai Martapura dan sangat ramai didatangi saat sore hari. Di sini, Anda dapat melihat aktifitas jukung sebuah perahu khas Banjarmasin di sungai. Anda juga bisa membawa alat pancing karena Anda dapat memancing di tempat wisata yang satu ini. Jika Anda ingin menikmati pemandangan yang ada di sekitar sungai saja, Anda dapat duduk di bangku yang telah ada sembari menikmati kuliner yang di jual di sekitar tempat ini.

  1. Taman Maskot
Taman Maskot - Tempat Wisata Di Banjarmasin Yang Menarik
Taman Maskot – Tempat Wisata Di Banjarmasin Yang Menarik

Pada gerbang masuknya, Anda akan disambut oleh sebuah patung bekantan dengan ukuran sebesar manusia dewasa. Tak jauh di sekitarnya, ada juga patung pohon kasturi dengan beberapa monyet yang bergelantungan. Untuk fasilitas yang ada di sini, Taman Maskot sudah dilengkapi dengan lahan parkir, mushola, dan toilet, warung makan serta arena bermain anak. Destinasi wisata ini terletak di pusat kota Banjarmasin, di Jalan H. Djok Mentaya.

  1. Museum Wasaka
Museum Wasaka - Tempat Wisata Di Banjarmasin Yang Menarik
Museum Wasaka – Tempat Wisata Di Banjarmasin Yang Menarik

Tempat wisata yang satu ini ada di Jalan H. Andir, Kampung Kenang Ulu. Arsitektur bangunan tempat ini adalah rumah adat Banjarmasin yang bentuknya panggung dengan atap yang tinggi. Di dalamnya, ada berbagai macam koleksi foto, mesin ketik, dan seragam perjuangan, serta senjata yang dipakai untuk melawan para penjajah. Selain itu, ada juga sebuah sepeda tua yang dulunya digunakan untuk mengantarkan surat dengan sembunyi – sembunyi.

  1. Pulau Kembang
Pulau Kembang - Tempat Wisata Di Banjarmasin Yang Menarik
Pulau Kembang – Tempat Wisata Di Banjarmasin Yang Menarik

Pulau Kembang adalah sebuah pulau yang ada di tengah Sungai Barito. Tempat ini juga adalah habitat monyet dan burung. Menurut warga setempat, di pulau ini ada seekor monyet besar yang dipercaya merupakan raja monyet. Saat da di pulau ini, Anda harus berhati-hatilah dengan barang bawaan. Monyet-monyet di tempat ini seringkali penasaran dan ingin mengambil apa saja yang dibawa oleh pengunjung.

Itu dia beberapa tempat wisata populer yang ada di Banjarmasin. Jika Anda berniat mengunjungi kota ini ada baiknya Anda mampir ke tempat wisata di atas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here