Tips Agar Keuangan Stabil Setelah Liburan
Tips Agar Keuangan Stabil Setelah Liburan

Setelah menjalani berbagai rutinitas sehari-hari baik yang berhubungan dengan pekerjaan ataupun belajar. Pastinya kalian membutuhkan liburan untuk menjauhi rasa jenuh dan kelelahan. Kalian mungkin perlu menghibur dan menyegarkan diri. Ada berbagai cara yang bisa dipilih mulai dari menjalankan hobi, berkumpul dengan teman dan keluarga atau melakukan traveling ataupun liburan.

Dalam mengatur liburan bukan hanya dibutuhkan waktu dan kegiatan tetapi ada hal lain yang juga tak boleh dilupakan, yaitu mengelola keungan untuk liburan. Anda tentu tak ingin setelah liburan malah pusing dalam membayar tagihan yang akan datang. Jangan sampai kalian mengalami kesulitan untuk memenuhi kebutuhan karena uang yang ada sudah terkuras untuk berlibur. Untuk itu, Anda perlu mengetahui cara untuk berlibur dengan bijak dan keuangan tetap aman setelah liburan.

  • Disiplin mengatur anggaran

Poin yang pertama ini adalah yang paling penting dengan menetapkan anggaran bahkan sebelum kalian berangkat liburan. Buatlah daftar anggaran yang diperlukan selama liburan dengan terperinci, mulai dari biaya transportasi, akomodasi, uang makan, serta tiket masuk ke tempat wisata. Perencanaan ini tujuannya adalah untuk mengontrol pengeluaran dengan lebih mudah saat liburan dan tak menghabiskan uang diluar perencanaan. Jangan lupa juga untuk membuat pos sendiri untuk dana liburan sehingga tak mengganggu kebutuhan lain.

  • Pandai mengontrol biaya dan batasi pengeluaran di salah satu bagian

Tentukan prioritas berlibur sehingga kalian bisa lebih mudah dalam mengontrol biaya serta membatasi pengeluaran di pos tertentu dan juga mengalokasikan untuk pos lainnya. Misalnya kalian bisa memiliki tujuan wisata belanja, maka dapat memberikan anggaran lebih untuk belanja. Konsekuensinya tentu adalah membatasi anggaran di pos yang lain. Kalau Anda cenderung berjalan seharian, maka dapat memilih hotel budget yang nyaman namun tak perlu dengan fasilitas yang berlebihan karena sebaian besar waktu tentu akan dihabiskan di luar hotel. Selain itu, Anda juga bisa memilih tempat makan yang lebih ramah di kantong namun juga tetap bersih dan lezat.

  • Rajin mencari harga murah dan promo

Harga barang di tempat wisata umumnya memang lebih mahal daripada harga barang di pasaran pada umumnya sehingga dapat menghemat dengan mencari barang di tempat umum daripada di tempat wisata. Misalnya, Anda memabwa bekal untuk dibawa ke tempat wisata. Atai bisa juga dengan membeli oleh-oleh dipusat oleh-oleh yang menawarkan pilihan produk lebih banyak. Dalam menghemat anggaran, kalian juga bisa mencari promo baik untuk tiket, akomodasi ataupun tempat makan. Promo biasanya lebih mudah ditemukan pada saat low season namun tetap cermat dalam melihat promo karena Anda bisa saja mendapatkan promo walaupun saat musim puncak liburan.

  • Hindari belanja barang yang tak perlu

Saat melakukan liburan ke tampat baru, Anda mungkin merasa ingin membeli berbagai barang yang menarik dengan alasan unik. Namun hal tersebut perlu dipertimbangkan apakah benar-benar membutuhkan hal tersebut atau tidak. Banyak barang yang diborong saat berlibur namun sesampainya di rumah malah tak terpakai. Begitu juga saat membeli oleh-oleh karena Anda bisa mempertimbangkan membeli untuk keluarga atau teman dekat saja sehingga dana yang ada tak terkuras untuk membeli oleh-oleh berlebihan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here