Tips Bijak Buat Wisata Kuliner
Tips Bijak Buat Wisata Kuliner

Saat kalian traveling, kegiatan wajib yang harus dilakukan adalah mencicipi kuliner khas daerah tersebut. Banyak sekali keunikan ataupun hal baru yang akan muncul saat berwisata kuliner. Namun, kalian harus tahu tips-tips agar tak salah dalam kuliner. Menikmati kuliner khas penduduk asli memang rasanya sangat menantang.

  • Cari Informasi Mengenai Makanan khas Setempat

Sebelum datang ke daerah yang ingin dikunungi sebaiknya mencari informasi mengenai makanan daerah tersebut terlebih dahulu. Berbagai informasi tersebut bisa didapatkan dari buku, koran, majalah, atau yang lebih mudah lagi adalah dari internet. Cara tersebut akan lebih mudah memilih. Review jujur biasanya didapatkan dari blog sehingga berasal dari pengalaman langsung.

  • Buat Daftar Tempat Makan

Kalau sudah mendapatkan informasi, kalian bisa membuat daftar makanan khas daerah tersebut. Cara ini dipakai agar tak ada makanan khas daerah yang terlewat untuk dicoba. Bisa membuat daftar yang memprioritaskan makanan khas yang paling ingin dicoba dan pastinya paling populer di masyarakat.

  • Cari Tahu Harga

Hal ini paling penting karena biasanya kita sudah menyisihkan uang untuk wisata kuliner dan jangan sampai berlebih. Perhitungan ini sangat penting agar liburan tak over budget. Kalau belum tahu, bisa langsung menanyakan harga sebelum memesan. Ada yang suka memasang tariff penjualnya. Bisa juga dengan memilih warung atau penjual yang menampilkan harga tiap menu secara jelas. Pastikan juga menu yang kalian pesan sesuai dengan bill saat membayarnya.

  • Halal atau Haram

Sebagian warga Indonesia menganut agama Islam yang tentunya mengharuskan untuk selalu memakan makanan halal. Hal ini perlu diperhatikan untuk kalian yang jalan-jalan ke tempat dengan penduduk mayoritas non Muslim. Wisata seperti ini biasanya memasang logo halal di warung tersebut untuk menarik wisatawan muslim.

  • Makan Sesuai Tradisi

Misalnya ke Jepang, direkomendasikan jika makan yang berkuah untuk meminum kuah langsung dari mangkok. Atau dengan menyeruput mie dengan suara yang dikeluarkan. Ini berarti makanan tersebut enak dan juga menghargai yang memasaka. Berbagai daerha tentu berbeda tradisi, kalian sebaiknya perhatikan hal tersebut. Beberapa daerag di Kalimantan juga melarang memakan kembali makanan yang sudah jatuh keluar dari piring.

  • Alergi

Beberapa orang tentu sudah tahu dirinya alergi terhadap makanan tertentu. Seperti ikan, udang, dan lain sebagainya. Harus lebih hati-hati dan tak perlu malu untuk menanyakan bahan makanan yang akan dimakan. Beberapa kuliner ekstrim biasanya memiliki rasa yang menantang dan membuat penasaran, tetapi gak mau kan jika setelah berwisata kuliner langsung kumat alerginya?.

  • Alkohol

Bukan hanya makanan, minuman khas beberapa daerah juga banyak yang mengandung alkohol. Hindari minuman jenis ini karena akan berakibat negatif untuk kalian yang mungkin belum terbiasa. Tanyakan dahulu baru mencobanya.

  • Rekomendasi

Beberapa orang yang merekomendasikan di internet belum tentu enak. Hal ini yang perlu diantisipasi. Misalkan, kalian ke Jogja dan memiliki teman yang tinggal atau kos disana. Sebaiknya tanyakan rekomendasi wisata kuliner karena mereka yang sudah benar-benar merasakan langsung. Review internet cenderung mencontek padahal belum pernah merasakan makanan tersebut.

Banyak juga yang mementingkan ketenaran makanan tersebut tanpa tahu rasanya. Hal yang sering terjadi adalah sudah sampai kesana namun makanan rasanya biasa saja. Teman merantau kota tersebut biasanya sudah tahu yang benar-benar enak walaupun tak seramai tempat populer.

Bagaimana? Tertarik untuk melakukan wisata kuliner ke beberapa tempat traveling?. Jangan sampai kehilangan momen tanpa menikmati kuliner otentik yang dimiliki tiap daerah ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here