Tips Tidur Nyaman Saat Liburan dengan Anak
Tips Tidur Nyaman Saat Liburan dengan Anak

Berlibur adalah kegiatan yang pastinya sangat menyenangkan. Pikiran dan juga tubuh kita pasti akan terasa segar kembali. Namun lain halnya jika kalian berlibur dengan mengajak anak. Karena dibutuhkan persiapan yang lebih untuk memastikan segala keperluan agar tercukupi. Apalagi jika anak menjadi rewel tak menentu karena kelelahan bermain. Walaupun bepergian dengan mereka sering merepotkan namun ada beberapa tips tidur untuk anak yang bisa kalian coba.

  • Istirahat Cukup dan Perencanaan Matang

Mulailah liburan dengan istirahat yang cukup. Kalain yang menggunakan mobil, pesawat, ataupun kereta api pasti akan sangat mengurangi jam tidur apalagi pada anak. Dalam mengatasi hal tersebut, para anggota keluarga harus cukup beristirahat sebelum hari keberangkatan tiba. Anak yang tidurnya terpenuhi bisa beradaptasi dengan mudah saat harus mengalami perubahan jadwal dan tak perlu kehilangan jam tidur.

Kalian sebaiknya merencanakan waktu keberangkatan. Anak-anak yang sangat bersemangat dalam melakukan perjalanan akan membuat mereka kurang tidur di perjalanan. Cobalah untuk merencanakan waktu keberangkatan dan kedatangan liburan saat tiba waktu tidur siang untuk anak-anak. Jika Anda masih tidur saat pagi hari sebaiknya berangkat setelah mereka bangun. Tidur siang adalah paling ampuh untuk mengatasi kelelahan saat berlibur.

Orang biasanya akan terganggu jika mereka biasanya tidur di kamar sendiri namun kemudian berkerumunan dalam satu kamar dengan anggota keluarga lainnya saat liburan. Jika membicarakan tempat menginap di hotel pastikan kalian memesan kamar yang besar untuk menaruh tempat tidur tambahan. Menata ulang perabotan di kamar hotel akan membantu dalam membuat masing-masing ruang untuk anggita keluarga. Meneywa kondominium juga bisa jadi pilihan tepat. Saat melakukan hal tersebut jangan lupa untuk mengingatkan anak-anak agar kembali ke rumah dengan menempati kamarnya masing-masing.

  • Pembiasaan dengan Rutinitas Baru

Kalian sebaiknya melakukan latihan karena bepergian bisa menyebabkan rutinitas yang biasanya dilakukan sehari-hari menjadi terganggu. JIka ketrika liburan anak akan tidur di kasur lipat maka dengan beberapa malam sebelumnya latih mereka agar tidur disana sehingga mereka nyaman ketika liburan datang.

  • Bawa alat-alat yang Membantu Tidur

Bawa beberapa boneka atau mainan anak yang biasanya mereka bawa saat tidur. Anda juga bisa memutar lagu yang menenangkan saat mereka tidur. Membawa seprai sendiri juga bisa membuat anak mudah untuk tidur. Anda juga bisa membawa kereta bayi yang digunakan jika anak ingin tidur saat berjalan-jalan.

Daripada mengubah jadwal serta lingkungan cobalah kalian menjaga rutinitas tidur secara konstan. Jika Anda terbiasa mandi, membaca buku, atau dinyanyikan sebelum tidur sebaiknya lakukan hal tersebut saat liburan. Jika anggota keluarga lain ikut membacakan dongeng atau bersenandung untuk anak boleh saja. Hal yang penting adalah buat anak nyaman seperti merasa di rumah.

Jangan juga melewatkan tidur siang karena anak nanti malah kelelahan. Jika sedang diluar biasa dengan mengakalinya dengan tidur di mobil atau stroller. Kalau perginya sampai dengan perbedaan waktu mencolok sangat disarankan agar Anda mengubah jadwal liburan bersasarkan waktu yang dituju.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here