Tips Wisata ke Turki
Tips Wisata ke Turki

Turki merupakan destinasi wisata yang luar biasa cantik. Lengkap dengan wisata alam, religi, sejarah, budaya, arsitektur, seni, semuanya lengkap ada disini. Biaya hidup di Turki pun tak semahal dengan Eropa Utara atau Inggris. Disini kalian bahkan bisa dengan mudah mencari akomodasi murah. Untuk muslim, Turki memang sudah menjadi republik yang sekuler dengan mayoritas penduduknya beragama Islam. Beberapa tips yang bisa kalian terapkan adalah berikut ini:

  • Waktu Terbaik untuk ke Turki

Bulan Mei merupakan bulan tepat untuk pergi kesana karena cuacanya masih hangat dan waktu siangnya masih panjang. Hal lain yang penting adalah belum masuknya liburan sekolah sehingga tak terlalu ramai dan harga-harga akomodasi tak terlalu mahal karena peak season. Musim semi adalah waktu terbaik namun merupakan high season untuk Istanbul dan Cappadocia. Bisa dipastikan aka nada banyak sekali turis disana.

  • Visa

Untuk urusan ini sebenarnya adalah yang paling mudah. Bagi orang Indonesia, visa Turki hanya perlu di apply secara online dengan menggunakan website evisa.gov.tr dan juga akan dibayar dengan online. Visa single entry dengan validity 180 hari dan durasi tinggal maksimal 30 hari biayanya 25 USD dan bisa dibayarkan dengan kartu kredit Mastercard/Visa/UnionPay. Satu orang bisa mengajukan aplikasi untuk beberapa orang sehingga tak perlu khawati kalau belum punya kartu kredit. Persyaratan khusus dan proses pembuatannya tidak sampai 15 menit.

  • Uang

Turki menggunakan mata uang Lira dengan kisaran Rp. 5000 untuk 1 lira. Harga makanan utama di tempat turis harganya sekitar 6-20 lira. Beberapa tempat biasanya menerima pembayaran dengan euro atau US dollar serta kartu kredit berupa Visa dan Mastercard. Tak sulit mencari ATM dengan logo visa dan mastercard sehingga kita bisa menarik cash dengan mudah di Turki.

  • Tiket

Untuk tiket biasanya disarankan menggunakan webside pembanding harga dan jangan lupa juga untuk melakukan cek ke website maskapai untuk mendapatkan harga paling murah. Selain Qatar Airways masih banyak lagi maskapai lainnya. Namun jika ingin penerbangan langsung bisa menggunakan Turkish Airlines & Garuda Indonesia.

Untuk penerbangan domestik antar kota di Turki, tetap gunakan web pembanding. Harga tiket domestik per orang sekali jalan sekitar Rp 700.000. Rencanakan waktu perjalanan jauh-jauh hari sehingga saat ada promo bisa langsung cek tanggal yang diiinginkan.

  • Akomodasi

Turki memiliki harga yang cukup bervariasi. Hostel atau dorm bisa jadi pilihan untuk kalian yang menginginkan penginapan murah. Kalian juga bisa memilih yang mahal sekalipun. Banyak membaca referensi pilihan hotel yang dekat dengan tempat wisata yang Anda tuju.

  • Transportasi Dalam Kota

Di Selcuk dan Pamukkale kalian menyewa mobil karena memang untuk jalan dalam group akan lebih mudah. Dari bandara Izmir bisa naik taksi langsung ke Secuk supaya mudah. Pilihan lebih hemat adalah dengan menggunakan kereta. Jangan lupa jika kereta yang dari Izmir airport adalah 19.30. Jika di Cappadocia tak ada transportasi publik yang memadai untuk penduduk pada umumnya. Hotel biasanya akan memesankan sejenis travel untuk ke hotel di Goreme. Hal ini pastinya akan lebih murah bisa langsung naik taksi.

  • Belanja

Tiap destinasi wisata pasti memiliki toko souvenir sehingga tak perlu khawatir. Sarannya dalah jangan memborong hanya disatu tempat dan sebaiknya membandingkan harga ke toko sebelah terlebih dahulu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here