Tips Wisata untuk Liburan ke Pantai
Tips Wisata untuk Liburan ke Pantai

Liburan pantai adalah hal yang ditunggu-tunggu banyak orang. Inilah pilihan tepat untuk menghilangkan penat dan merelaksasi tubuh. Dimanapun pantainya, kalian harus memiliki perencanaan yang matang. Jangan lupa juga untuk ikuti beberapa tips untuk menikmati liburan di pantai.

  • Sesuaikan Pakaian

Bagi kalian yang ingin ke pantai pastikan memilih outfit yang sesuai dengan lokasi. Pantai sudah pasti identic dengan panas sehingga pakaian sebaiknya harus berbahan tipis dan sejuk. Untuk yang berhijab, kalian bisa memilih tetap memakai pakaian tertutup namun dengan bahan yang mudah menyerap keringat. Hindari jeans karena bukan hanya membuat kalian kesulitan bermain di air tetapi juga akan terlihat aneh. Outer dengan motif tribal sepertinya jadi andalan anak muda masa kini untuk pergi ke pantai.

  • Membawa Pakaian Ekstra

Masih berhubungan dengan pakaian, pastikan kalian membawa pakaian lebih walaupun perjalanan hanya pulang pergi tanpa menginap. Walaupun tak berenang, pasti kalian akan duduk ditepi pantai yang penuh pasir atau terciprat air laut. Sebaiknya membawa pakaian ektra untuk membersihkan diri sehingga perjalanan pulang pun terasa sangat nyaman. Lebih bagus lagi jika kalian membawa peralatan mandi dan handuk.

  • Sandal Jepit

Alas kaki terbaik saat berada di pantai tentu adalah sandal jepit. Tentu bukan boots atau sneakers. Sandal jepit tak akan mudah rusak saat terkena air dan tentunya lebih nyaman untuk dipakai. Pilih sandal jepit yang berbahan empuk dan juga tak mudah putus. Pemilihan sandal jepit sangat tepat karena jika ada pasir bisa langsung dibersihkan dengan air.

  • Lindungi Kulit

Sinar matahari yang menyorot ke kulit akan sangat berakibat pada perubahan warna kulit menjadi hitam. Ini pastinya akan menganggu penampilan di hari berikutnya. Sinar matahari memang sehat, namun dipagi hari sampai pukul 09.00. Bawalah tabir surya dengan minimal SPF 15 untuk melindungi kulit. Bagi yang ingin perlindungan secara ekstra, yaitu dengan memilih proteksi terhadap UVA dan UVB. Jangan lupa juga menggunakan lip balm yang mengandung tabir surya untuk melindungi bibir.

  • Gunakan Tas Tahan Air

Agar barang-barang aman dari percikan air atau basah saat di kapal sebaiknya gunakan tas yang tahan air. Tas jenis ini bisa dengan mudah kalian temukan di online shop. Trik lainnya yang bisa kalian coba adalah menaruh semua barang didalam kantong plastic, baru kmeudian memasukannya kedalam tas sehingga tak basah saat tasnya terkena air.

  • Menaruh Ponsel ke Dalam Ziplock PBag

Kalau ingin bermain di pantai namun takut jika ponselnya rusak terkena air. Anda sebaiknya menyediakan sebuah ziplock bag untuk menaruh ponselnya. Anda bisa tetap menggunakan ponsel di pantai dan tak perlu takut terkena cipratan air.

  • Bawa Bedak Bayi

Setelah main ke pantai, biasanya akan repot dengan sisa pasir yang menempel ke kulit. Hal itu pasti akan sulit dihilangkan jika ada yang membasuhnya dengan air. Cara paling mudah untuk menghilangkan sisa pasir pad kulit adalah dengan menaburkan dengan bedak bayi di area yang terkena pasir. Taburkan pada area kulit yang terkena pasir kemudian gosok perlahan hingga pasir rontok.

  • Gunakan Topi

Buka hanya untuk bergaya, topi juga bisa sangat membantu mengurangi paparan sinar matahari secara langsung. Sinar matahari bisa merusak kesehatan rambut dan kulit kepala. Anda sebaiknya menggunakan topi pantai.

  • Kacamata Anti Radiasi

Hal ini tak kalah pentingnya, pantai yang terik sudah paling pas jika menggunakan kacamata antiradiasi. Kacamata yang Anda pakai benar-benar memiliki lensa antiradiasi dengan kualitas yang baik. Ini adalah karena paparan sinar matahari yang bisa menyebabkan kerusakan pada mata. Misalnya, bisa memicu katarak, hipersintivitas terhadap sinar matahari, dan masih banyak lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here