Wisata ke Eropa dengan Budget Minim Ini Tipsnya
Wisata ke Eropa dengan Budget Minim Ini Tipsnya

Liburan ke Eropa dengan minim Budget memang menjadi hal yang diimpikan, semua orang pun ingin melakukannya. Namun, untuk mendapatkan kesempatan ini pastinya adalah hal yang sulit. Kalian harus melakukan langkah – langkah dengan detail dan memiliki waktu yang tepat. Langsung saja, saya kasih informasinya tentang tips – tips wisata murah ke Eropa:

  • Lakukan Riset dengan Benar

Dalam melakukan reset perjalanan anda harus banyak panduan seperti membaca buku atau Tanya di forum/kenalan yang pernah kesana. Membuat jadwal perjalanan dengan sangat rinci agar anda bisa booking transportasi dan hotel di jauh – jauh hari sehingga anda akan mendapatkan harga yang lebih murah. Jika anda liburan di Eropa jangan terlalu ambisius untuk mengunjungi banyak Negara dalam waktu singkat, karena anda akan mengeluarkan biaya yang lebih besar.

Tinggal di pinggiran kota atau pedesaan akan lebih hemat dibandingkan di hotel atau penginapan di kota. Jalan – jalan di Eropa akan lebih murah dibandingkan dengan Eropa Barat. Jika di Eropa Barat rata – rata per hari memerlukan budget sekitar 40 Euro kecuali Swiss yang mahal, sedangkan Eropa Timur per harinya sekitar 30 Euro kecuali Ruasia dan Ukrania. Budget ini cukup untuk akomodasi, transportasi lokal, dan makan. Terahir sebaiknya anda beli langsung mata uang Euro dari Indonesia.

  • Datang Pada Musim yang Tepat

Untuk liburan di Eropa sediakan waktu minimal 2 minggu. Jangan pergi ke Eropa pada saat peak season, bulan Juni – Agustus saat musim panas sehingga banyak orang lokal berlibur. Jangan juga pegi pada minggu – minggu mendekati Natal dan Tahun Baru. Selain akan banyak sekali pengunjung dimana – mana, harga melambung tinggi, antrean panjang, dan pastinya akan sulit mendapatkan penginapan dan transportas.

Orang Eropa, khususnya Italia dan Perancis, sangat menghargai kualitas hidup. Mereka kebanyakan akan menutup toko atau hostel untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarganya sendiri.

  • Berburu Tiket Pesawat Termurah

Pengeluaran terbesar saat liburan ke Eropa ada di harga tiket pesawat dari Indonesia. Pastikan jika ingin liburan murah, anda berburu tiket pesawat dari jauh jauh hari. Bila anda memiliki Frequent Flyer, manfaatkan point rewardnya dengan mendapatkan tiket gratis sedekat mungkin dengan kota tujuan. Usahakan mengambil tiket open jaw, yaitu pergi dan pulang dari Negara berbeda. Contoh tujuan pergi ke Frankfurt pulang ke Roma.

  • Nebeng atau Menginap di Hostel

Menginap akan lebih murah ketika anda menginap di rumah teman atau saudara yang tinggal di Eropa. Kalau anda pede, anda bisa saja menginap gratis di rumah teman yang bisa dikenal lewat couchsurfing.com. tapi jika ingin menginap dengan banyak teman dan tidak mau hutang budi, anda bisa menginap di hostel yang menawarkan harga lebih murah dari penginapan lainnya.

  • Makan di Pinggir Jalan

Makan di restoran Eropa jelas mahal, dan juga anda harus membayar service charge beserta tip. Solusinya anda lebih baik membeli makan di pinggir jalan atau kaki lima saja. Pilihan makanan pinggir jalan biasanya seperti sosis, burger, kebab, crepes dll. Yang ditawarkan dengan porsi besar. Jika anda ingin lebih hemat, anda bisa membeli bahan makanan dan memanfaatkan dapur hostel untuk memasak.

  • Bawa Botol Minum dari Rumah

Sebotol air mineral di Eropa di hargai 2 Euro atau setara dengan 27ribu rupiah. Jadi lebih baik anda bawa botol sendiri, dan refill dengan air kran, bisa lewat water fountain atau toilet umum. Jangan khawatir, karena air di Eropa bisa langsung diminum.

  • Minimalisasi Tiket Masuk

Masuk berbagai obyek wisata Eropa seperti museum, monument, tempat atraksi, harga tiket masuknya tidak murah. Nah, untuk minimalisasi anda bisa masuk ke tempat yang benar benar anda inginkan. Jika anda hanya ingin berfoto dan memperlihatkannya ke teman teman, lebih baik berdiri saja didepannya dan berfoto dari pada harus masuk dengan harga tiket yang mahal. Di Eropa juga banyak kegiatan gratis yang bisa dilakukan, seperti berjalan kaki menyusuri pedestrian dank anal, nongkrong di plaza, nonton pemusik jalanan, atau piknik di taman umum.

Bila anda memiliki tekad kuat untuk memasuki semua tempat wisata dan tinggal lebih dari 4 hari disuatu kota, anda bisa beli tiket terusan. Misalnya Paris Pass atau London Sightseeing Pass yang sudah mencakup ratusan museum, tempat wisata, galeri, gratis buku panduan, bahkan termasuk dengan transportasi public seperti metro dan bus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here