Wisata Monas, Apa Saja yang Bisa Dilakukan di Sini

Monas, banyak orang mengatakan belum afdol jika ke Jakarta tetapi tidak berkunjung ke sini. Monas ini kependekan dari Monumen Nasional. Yang berkunjung ke Monas bukan hanya warga Jakarta saja, melainkan juga banyak wisatawan dari daerah lainnya, bahkan juga wisatawan mancanegara. Monas akan dipadati oleh wisatawan saat musim liburan tiba, khususnya Lebaran Idul Fitri. Apalagi harga tiket masuk ke Monas ini benar-benar terjangkau, karena memang tujuannya untuk khalayak luas. Di sini Anda bisa menikmati keindahan taman yang luas yang berada di sekeliling tugu, yang memiliki puncak dengan bentuk lidah api, di mana lidah api ujung tugu tersebut dilapisi dengan lapisan emas dengan berat 45 kg.

Tugu Bernilai Sejarah

Tugu Monas sendiri terkenal akan nilai sejarahnya. Di mana tugu ini merupakan refleksi perjuangan dari para pahlawan untuk merebut kemerdekaan Indonesia.

Wisata Malam Monas

Saat malam, Anda dapat naik menuju puncak tugu Monas, untuk melihat keindahan panorama kota Jakarta dari ketinggian. Tiket untuk ini terbatas. Mulai jam 08:00 hingga 16:00 WIB, merupakan jam di mana wisatawan dapat naik menuju puncak Tugu Monas tersebut. Tetapi Basuki Tjahaja Purnama sudah meresmikan wisata malam tugu Monas, dan ada perubahan jam operasi. Yaitu pada pukul 19:00 sampai dengan 22:00 WIB, untuk hari Selasa sampai dengan Jumat. Untuk hari Sabtu, Minggu, hari libur, jam operasi dari 19:00 sampai dengan 00:00. Pada hari Senin tugu Monas ditutup, perawatan.

Memang naik ke puncak Monas inilah yang paling diincar oleh para wisatawan. Karena panorama kota Jakarta dilihat dari puncak Monas saat malam hari akan benar-benar indah, ditambah gemerlap lampu kota metropolitan tersebut. Pihak pengelola tugu Monas membatasi penjualan tiket. Pada pagi hingga sore hari, dijual 1800 tiket, untuk waktu malam dijual 700 tiket. Jadi memang saat malam hari tiket yang dijual lebih sedikit, jadi jika Anda ingin merasakan naik ke puncak Monas, sebaiknya datang tepat waktu, agar kebagian tiket.

Penjualan Tiket

Untuk penjualan tiket sendiri dibagi menjadi beberapa sesi, yakni sesi pagi, siang, malam. Dari pagi sampai dengan sore hari, dapat diperoleh atau dibeli dari jam 08:00 WIB. Sementara untuk sesi yang malam hari, tiket naik menuju puncak Monas dapat diberi mulai jam 18:00 hingga 21:00 WIB. Dan jam 16:00 sampai dengan 18:00 WIB, akan ditutup, karena mengistirahatkan lift, agar tak rusak. Dan jika Anda membeli tiket pagi hari, maka hanya dapat digunakan untuk naik saat pagi hari saja. Sama halnya untuk tiket siang, sore hari. Sesudah beli langsung naik, jadi tak boleh membeli tiket pada pagi hari kemudian digunakan untuk naik saat malam hari. Di mana pada tiket yang dijual sudah diberi tanda.

Alasan melakukan itu, berdasarkan pihak penanggung jawab, karena memperhitungkan jumlah pengunjung plus kapasitas dari puncak Monas. Tentu saja ini berkaitan juga dengan keselamatan wisatawan. Jadi tiket yang dijual itu tak akan dikurangi, tetapi juga tak akan dilebihkan, harus tepat. Dengan begitu lift pun akan terjaga dan terawat dengan baik.

Untuk contoh, jika loket baru dibuka untuk waktu 1 jam. Kemudian 700 tiket yang untuk malam hari sudah habis, maka loket pun akan ditutup.

  • HTM anak-anak Rp 4.000,00
  • HTM mahasiswa dan dewasa Rp 15.000,00

Sekian artikel tentang wisata Monas, apa saja yang bisa dilakukan di sini? Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here